Senin, 04 Juni 2012


PROGRAM PELATIHAN
PENULISAN SKRIPSI
1.      Motivasi Menulis                                                                          : 1 Sesi
2.      Berfikir Kreatif Mengenai Psikologi                                            : 2 Sesi
3.      Bagaimana Calon Sarjana Psikologi Melakukan Penelitian         : 2 Sesi
                                                                                                     
Total                                                                                             : 5 Sesi ( 10 Jam )

MODUL MOTIVASI MENULIS
LATAR BELAKANG
Kemampuan menulis adalah modal dasar bagi seorang peneliti. Ide dan gagasan dapat dituangkan dan dipahami orang lain jika  diinterpretasikan dalam bentuk tulisan secara keseluruhan. Persepsi mengenai kesulitan, kegagalan, dan kecemasan menghadapi fase akhir dari perkuliahan adalah penghambat bagi mahasiswa untuk memulai penulisan skripsi.
TUJUAN
Setelah mengikuti perlatihan ini peserta tidak lagi memiliki persepsi negatif dan cemas melewati fase akhir perkuliahan. Serta peserta termotivasi untuk menulis karya ilmiah dan memulai penulisan skripsi.
WAKTU
-          Pembahasan & tanya jawab 2 jam

SUB MODUL / POKOK BAHASAN : MENULIS ITU MUDAH
SASARAN                                             :
a.       Peserta dapat menyadari persepsi negatif kesulitan dan kerumitan penelitian
b.      Peserta memahami hakikat menulis bagi calon sarjana dan ilmuwan
c.       Peserta termotivasi untuk menulis dan menyusun skripsi atau penelitian
Waktu                                                     : 120 menit
Waktu
Uraian Kegiatan
Alat Bantu
Metode
120 menit
·  Persepsi
·  Meneliti adalah berkarya
·  Peluang dan tantangan dalam keilmuwan psikologi
Presentase
Infokus
Sound system
Video
-          Seminar

MODUL BERFIKIR KREATIF MENGENAI PSIKOLOGI
LATAR BELAKANG
Banyak sekali isu-isu yang berkembang seputar psikologi misalnya pseudosains perbintangan, hipnosis, grafologi, dan tes-tes kepribadian populer yang cenderung diyakini banyak orang. Dan ada perilaku individu atau kelompok yang menarik pada konteks tertentu. Semua itu membuka peluang bagi gairah calon ilmuwan untuk mengungkap bentuk dan motif perilaku individu dalam konteks personal maupun sosialnya.
TUJUAN
Agar peserta mengetahui tema-tema psikologi yang dapat diteliti di sekitarnya.
WAKTU
Pembahasan & Tanya Jawab 120 menit

SUB MODUL / POKOK BAHASAN : BERFIKIR KREATIF MENGENAI PSIKOLOGI
SASARAN                                             :
1.      Peserta sadar akan berbagai fenomena psikologis di sekitarnya.
2.      Agar peserta peka terhadap kondisi lingkungan yang mempengaruhi psikis individu atau sebaliknya.
Waktu                                                     : 120 menit
Waktu
Uraian Kegiatan
Alat Bantu
Metode
120 menit
·  Isu-isu psikologi
·  Psikologi ilmiah
·  Perilaku individu dalam konteks sosial
Presentase
Infokus
Sound system

-          Seminar










MODUL BAGAIMANA CALON SARJANA PSIKOLOGI MELAKUKAN PENELITIAN
LATAR BELAKANG
Metode-metode penelitian psikologi menjadi sarana bagi kelangsungan para ilmuwan psikologi. Metode-metode ini memungkinkan para peneliti untuk memisahkan informasi yang terpercaya dari asumsi-asumsi yang salah, untuk menyelaraskan pandangan yang saling bertentangan, dan untuk memperbaiki pandangan yang salah yang dapat membahayakan seseorang. 
TUJUAN
Peserta memahami urgensi metode penelitian psikologi dan kecocokan tema dengan
WAKTU
Pembahasan & Tanya Jawab 120 menit

SUB MODUL / POKOK BAHASAN : METODE PENELITIAN PSIKOLOGI
SASARAN                                             :
1.      Peserta mengetahui berbagai metode penelitian dan penggunaannya.
2.      Agar peserta peka menggunkan metode yang cocok dengan fenomena atau kasus yang ditemui di lapangan.
Waktu                                               : 120 menit
Waktu
Uraian Kegiatan
Alat Bantu
Metode
120 menit
·  Metode Kuantitatif
·  Metode Kualitatif
·  Metode Eksperimen
Presentase
Infokus
Sound system
Flipchart

-          Seminar
-          Latihan

        







GAMES
1.      RELAY
Garis besar
Peserta memberikan kartu secepat mungkin dalam bentuk relay. Latihan ini digunakan sebagai kegiatan icebreaker.

Tujuan
1.         Membangun kerja sama tim.
2.         Sebagai latihan pemanasan bagi peserta.
3.         Membuka komunikasi di dalam masing-masing tim.
4.         Memperkenalkan dan menerapkan sinergi.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit (tergantung jumlah peserta).

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.

Materi yang dibutuhkan
Satu pak kartu remi untuk masing-masing kelompok.

Prosedur
1.         Bagi peserta menjadi subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
2.         Anggota masing-masing kelompok menempatkan kursi mereka berjejer dalam satu baris. Yang paling baik adalah semua subkelompok dapat saling melihat satu sama lain (hal ini membangun kompetisi).
3.         Katakan kepada semua subkelompok untuk duduk dan bahwa ini adalah sebuah kompetisi.
4.         Peraturan:
Para pemain di salah satu ujung barisan harus mengambil sebuah kartu dari tumpukan kartu yang berada di lantai di samping kursinya. Apabila mereka telah mengambil satu kartu mereka harus memberikannya ke tangan anggota tim terdekat yang duduk di sampingnya. Lalu anggota tim yang kedua meletakkan kartu itu di tangan satunya kemudian memberikannya ke tangan terdekat anggota tim ketiga, dan seterusnya. Ketika sampai pada angota tim yang terakhir, dia harus meletakkannya di samping kursinya hingga membentuk tumpukan kartu seperti semula.
Jika seorang anggota tim menjatuhkan sebuah kartu, anggota lainnya harus menunggu hingga kartu itu diambil kembali baru melanjutkan permainan. Masing-masing anggota tim tidak boleh memegang lebih dari satu kartu pada saat yang bersamaan.
Seluruh kartu yang berjumlah 52 harus dipakai dan akan dihitung di akhir permainan.
Tim diberikan waktu 5 menit untuk merencanakan strategi mereka sebelum memulai permainan. Tim yang selesai lebih dulu dinyatakan sebagai pemenang.

Poin diskusi
1.         bagaimana tim pemenang bisa menag?
2.         Siapa yang memimpin sesi perencanaan selama 5 menit? Mengapa?
3.         Siapa yang menjatuhkan kartu? Mengapa? (Karena stress?)
4.         Apakah tahap perencanaan berharga bagi tim? Mengapa?
5.         Apakah latihan ini dapat dihubungkan dengan pekerjaan?

Variasi
1.         Tutup mata dapat digunakan oleh seluruh atau sebagian anggota tim.
2.         Kartu remi dapat digantikan dengan koin.
3.         Kartu dapat diminta untuk dikembalikan ke barisan semula.

Sumber
Diambil dari  ‘Card Relay’, Sue Forbess Greene, Ensiklopedia Icebreaker, University Associates, California, 1983.

2.      MENYUSUN KATA
Tujuan             : agar peserta tanggap dengan ekspresi orang lain dan stimulus untuk otak kanan.
Prosedur          : peserta diberi sejumlah kosa kata. Kosa kata bisa berupa nama aktris, profesi, peristiwa, aksesoris dll. Setelah itu diminta menyusun kosa kata tersebut menjadi sebuah kalimat.
PELAKSANA
A.    TRAINER
MATERI 1. Dr. Mirra Noor Milla, M.si
Motivasi Menulis

MATERI 2. Lisya Chairani, M.Psi
Berfikir Kreatif Mengenai Psikologi

MATERI 3. Ivan Muhammad Agung, M. Si
Bagaimana Calon Sarjana Psikologi Melakukan Penelitian

B.     FASILITATOR
1.      Putri Arbaiyah ( materi 1)
2.      Jazzy Yolanda (materi 1)
3.      Syahmardan Lubis (materi 2)
4.      Elvan Septariadi (materi 2)
5.      Raja Inal Harahap (materi 2)
6.      Rindra Ayu Rusmana (materi 3)
7.      Ayu Kumala (materi 3)
8.      Susanti (materi 3)

C.     OBSERVER
1.      Yelisa Putri
2.      Tutut Ayu Regina
3.      Wulanda Syasra

D.    TEKNIS
1.      Mei Roni                               2. Idatho Muhammadtullah

E.     PERLENGKAPAN
1.      SOUND SYSTEM               4. FLIPCHART
2.      CCTV                                   5. LAPTOP
3.      INFOKUS
F.      JADWAL PELATIHAN
SESI
TANGGAL
KEGIATAN & MATERI
PETUGAS
PUKUL
I
1 JUNI 2012
Seminar motivasi menulis
Teknis, Fasilitator
08.00-09. 30
Istirahat

09.30-09.45


Games (Permainan Kata)

09.45-10.20
II
1 JUNI 2012
Berfikir kreatif mengenai psikologi
Fasilitator
observer
10.20-11.00

III
1 JUNI 20112
Tanya jawab
Fasilitator
observer
11.00-12.00
IV
2 JUNI 2012

Bagaimana Calon Sarjana Psikologi Melakukan Penelitian
Teknis
Fasilitator
observer
08.00-09.00


Games (Relay)

09.00-09.30


Istirahat

09.30-10.30
V
2 JUNI 2012
Tanya jawab
Fasilitator
observer
10.30-11.30











DESAIN PELATIHAN
PENULISAN SKRIPSI


PUTRIANA
10961005439
A-VI

Mata Kuliah
PELATIHAN


Dosen Pembimbing
AMI WIDIYASTUTI




FAKULTAS PSIKOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM
 RIAU
2012

0 komentar:

Posting Komentar