PROGRAM
PELATIHAN
PENULISAN SKRIPSI
1.
Motivasi Menulis :
1 Sesi
2.
Berfikir Kreatif Mengenai Psikologi : 2
Sesi
3.
Bagaimana Calon Sarjana Psikologi Melakukan
Penelitian : 2 Sesi
Total :
5 Sesi ( 10 Jam )
MODUL
MOTIVASI MENULIS
LATAR BELAKANG
|
Kemampuan menulis adalah modal dasar
bagi seorang peneliti. Ide dan gagasan dapat dituangkan dan dipahami orang
lain jika diinterpretasikan dalam
bentuk tulisan secara keseluruhan. Persepsi mengenai kesulitan, kegagalan,
dan kecemasan menghadapi fase akhir dari perkuliahan adalah penghambat bagi
mahasiswa untuk memulai penulisan skripsi.
|
TUJUAN
|
Setelah mengikuti perlatihan ini
peserta tidak lagi memiliki persepsi negatif dan cemas melewati fase akhir
perkuliahan. Serta peserta termotivasi untuk menulis karya ilmiah dan memulai
penulisan skripsi.
|
WAKTU
|
-
Pembahasan & tanya jawab 2
jam
|
SUB MODUL / POKOK BAHASAN : MENULIS
ITU MUDAH
SASARAN :
a. Peserta dapat menyadari persepsi negatif kesulitan
dan kerumitan penelitian
b. Peserta memahami hakikat menulis bagi calon sarjana
dan ilmuwan
c. Peserta termotivasi untuk menulis dan menyusun
skripsi atau penelitian
Waktu :
120 menit
Waktu
|
Uraian
Kegiatan
|
Alat
Bantu
|
Metode
|
120
menit
|
· Persepsi
· Meneliti adalah berkarya
· Peluang dan tantangan dalam keilmuwan psikologi
|
Presentase
Infokus
Sound
system
Video
|
-
Seminar
|
MODUL
BERFIKIR KREATIF
MENGENAI PSIKOLOGI
LATAR BELAKANG
|
Banyak sekali isu-isu yang berkembang
seputar psikologi misalnya pseudosains perbintangan, hipnosis, grafologi, dan
tes-tes kepribadian populer yang cenderung diyakini banyak orang. Dan ada
perilaku individu atau kelompok yang menarik pada konteks tertentu. Semua itu
membuka peluang bagi gairah calon ilmuwan untuk mengungkap bentuk dan motif
perilaku individu dalam konteks personal maupun sosialnya.
|
TUJUAN
|
Agar peserta mengetahui tema-tema
psikologi yang dapat diteliti di sekitarnya.
|
WAKTU
|
Pembahasan & Tanya Jawab 120 menit
|
SUB MODUL / POKOK BAHASAN : BERFIKIR
KREATIF MENGENAI PSIKOLOGI
SASARAN :
1. Peserta
sadar akan berbagai fenomena psikologis di sekitarnya.
2. Agar
peserta peka terhadap kondisi lingkungan yang mempengaruhi psikis individu atau
sebaliknya.
Waktu :
120 menit
Waktu
|
Uraian
Kegiatan
|
Alat
Bantu
|
Metode
|
120
menit
|
· Isu-isu psikologi
· Psikologi ilmiah
· Perilaku individu dalam konteks sosial
|
Presentase
Infokus
Sound
system
|
-
Seminar
|
MODUL
BAGAIMANA CALON SARJANA
PSIKOLOGI MELAKUKAN PENELITIAN
LATAR BELAKANG
|
Metode-metode penelitian psikologi
menjadi sarana bagi kelangsungan para ilmuwan psikologi. Metode-metode ini
memungkinkan para peneliti untuk memisahkan informasi yang terpercaya dari
asumsi-asumsi yang salah, untuk menyelaraskan pandangan yang saling bertentangan,
dan untuk memperbaiki pandangan yang salah yang dapat membahayakan
seseorang.
|
TUJUAN
|
Peserta memahami urgensi metode
penelitian psikologi dan kecocokan tema dengan
|
WAKTU
|
Pembahasan & Tanya Jawab 120 menit
|
SUB MODUL / POKOK BAHASAN : METODE
PENELITIAN PSIKOLOGI
SASARAN :
1.
Peserta mengetahui berbagai metode
penelitian dan penggunaannya.
2. Agar
peserta peka menggunkan metode yang cocok dengan fenomena atau kasus yang
ditemui di lapangan.
Waktu :
120 menit
Waktu
|
Uraian
Kegiatan
|
Alat
Bantu
|
Metode
|
120
menit
|
· Metode Kuantitatif
· Metode Kualitatif
· Metode Eksperimen
|
Presentase
Infokus
Sound
system
Flipchart
|
-
Seminar
-
Latihan
|
GAMES
1. RELAY
Garis besar
Peserta memberikan kartu secepat mungkin dalam bentuk relay. Latihan ini digunakan sebagai
kegiatan icebreaker.
Tujuan
1.
Membangun kerja sama tim.
2.
Sebagai latihan pemanasan bagi
peserta.
3.
Membuka komunikasi di dalam
masing-masing tim.
4.
Memperkenalkan dan menerapkan
sinergi.
Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit (tergantung jumlah peserta).
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke dalam subkelompok yang terdiri
dari 5-7 peserta.
Materi yang dibutuhkan
Satu pak kartu remi untuk masing-masing kelompok.
Prosedur
1.
Bagi peserta menjadi
subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
2.
Anggota masing-masing kelompok
menempatkan kursi mereka berjejer dalam satu baris. Yang paling baik adalah
semua subkelompok dapat saling melihat satu sama lain (hal ini membangun
kompetisi).
3.
Katakan kepada semua
subkelompok untuk duduk dan bahwa ini adalah sebuah kompetisi.
4.
Peraturan:
Para pemain di salah satu ujung barisan harus mengambil sebuah kartu
dari tumpukan kartu yang berada di lantai di samping kursinya. Apabila mereka
telah mengambil satu kartu mereka harus memberikannya ke tangan anggota tim
terdekat yang duduk di sampingnya. Lalu anggota tim yang kedua meletakkan kartu
itu di tangan satunya kemudian memberikannya ke tangan terdekat anggota tim
ketiga, dan seterusnya. Ketika sampai pada angota tim yang terakhir, dia harus
meletakkannya di samping kursinya hingga membentuk tumpukan kartu seperti
semula.
Jika seorang anggota tim menjatuhkan sebuah kartu, anggota lainnya
harus menunggu hingga kartu itu diambil kembali baru melanjutkan permainan.
Masing-masing anggota tim tidak boleh memegang lebih dari satu kartu pada saat
yang bersamaan.
Seluruh kartu yang berjumlah 52 harus dipakai dan akan dihitung di
akhir permainan.
Tim diberikan waktu 5 menit untuk merencanakan strategi mereka
sebelum memulai permainan. Tim yang selesai lebih dulu dinyatakan sebagai pemenang.
Poin diskusi
1.
bagaimana tim pemenang bisa
menag?
2.
Siapa yang memimpin sesi
perencanaan selama 5 menit? Mengapa?
3.
Siapa yang menjatuhkan kartu?
Mengapa? (Karena stress?)
4.
Apakah tahap perencanaan
berharga bagi tim? Mengapa?
5.
Apakah latihan ini dapat dihubungkan
dengan pekerjaan?
Variasi
1.
Tutup mata dapat digunakan oleh
seluruh atau sebagian anggota tim.
2.
Kartu remi dapat digantikan
dengan koin.
3.
Kartu dapat diminta untuk
dikembalikan ke barisan semula.
Sumber
Diambil dari ‘Card Relay’, Sue Forbess Greene,
Ensiklopedia Icebreaker, University
Associates, California, 1983.
2. MENYUSUN
KATA
Tujuan : agar peserta
tanggap dengan ekspresi orang lain dan stimulus untuk otak kanan.
Prosedur : peserta diberi
sejumlah kosa kata. Kosa kata bisa berupa nama aktris, profesi, peristiwa,
aksesoris dll. Setelah itu diminta menyusun kosa kata tersebut menjadi sebuah
kalimat.
PELAKSANA
A. TRAINER
MATERI 1. Dr. Mirra Noor Milla, M.si
Motivasi
Menulis
MATERI 2. Lisya Chairani, M.Psi
Berfikir
Kreatif Mengenai Psikologi
MATERI 3. Ivan Muhammad Agung, M. Si
Bagaimana
Calon Sarjana Psikologi Melakukan Penelitian
B. FASILITATOR
1.
Putri Arbaiyah
( materi 1)
2.
Jazzy Yolanda
(materi 1)
3.
Syahmardan
Lubis (materi 2)
4.
Elvan
Septariadi (materi 2)
5.
Raja Inal
Harahap (materi 2)
6.
Rindra Ayu Rusmana
(materi 3)
7.
Ayu Kumala
(materi 3)
8.
Susanti
(materi 3)
C. OBSERVER
1.
Yelisa Putri
2.
Tutut Ayu
Regina
3.
Wulanda Syasra
D. TEKNIS
1.
Mei Roni 2. Idatho
Muhammadtullah
E.
PERLENGKAPAN
1. SOUND SYSTEM 4.
FLIPCHART
2. CCTV 5.
LAPTOP
3. INFOKUS
F.
JADWAL
PELATIHAN
SESI
|
TANGGAL
|
KEGIATAN
& MATERI
|
PETUGAS
|
PUKUL
|
I
|
1 JUNI
2012
|
Seminar
motivasi menulis
|
Teknis,
Fasilitator
|
08.00-09.
30
|
Istirahat
|
09.30-09.45
|
|||
Games
(Permainan Kata)
|
09.45-10.20
|
|||
II
|
1 JUNI
2012
|
Berfikir
kreatif mengenai psikologi
|
Fasilitator
observer
|
10.20-11.00
|
III
|
1 JUNI
20112
|
Tanya
jawab
|
Fasilitator
observer
|
11.00-12.00
|
IV
|
2 JUNI
2012
|
Bagaimana
Calon Sarjana Psikologi Melakukan Penelitian
|
Teknis
Fasilitator
observer
|
08.00-09.00
|
Games (Relay)
|
09.00-09.30
|
|||
Istirahat
|
09.30-10.30
|
|||
V
|
2 JUNI 2012
|
Tanya
jawab
|
Fasilitator
observer
|
10.30-11.30
|
DESAIN PELATIHAN
PENULISAN SKRIPSI
PUTRIANA
10961005439
A-VI
Mata
Kuliah
PELATIHAN
Dosen
Pembimbing
AMI WIDIYASTUTI
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UIN
SULTAN SYARIF KASIM
RIAU
2012
0 komentar:
Posting Komentar